Magister Kebidanan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi turut meningkatkan tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan khususnya dalam pelayanan kebidanan sebagai pelayanan dasar bagi perempuan baik di dalam maupun diluar negeri. Oleh karena itu perlu peningkatan jenjang pendidikan bidan melalui pendidikan Magister Kebidanan yang nantinya diharapkan mampu mentransfer dan menyebarkan ilmu kebidanan.

Berdasarkan  UU–RI No 14 Tahun 2005 Tentang  Guru dan Dosen, maka Institusi Pendidikan Kebidanan memerlukan jumlah dan spesifikasi dosen berkualifikasi S2. Dalam kerangka itu, disertai Mandat yang diberikan Dirjen dikti kepada Rektor Universitas Brawijaya, No. 1462/D/T/2010 perihal Pembukaan Program Studi Ilmu Kebidanan (S2) pada Universitas Brawijaya, untuk itu Universitas Brawijaya membuka Program S2 Kebidanan.

Program Studi Magister Kebidanan FKUB akan mencetak lulusan yang  kompeten sebagai Ilmuwan yang mampu mengimplementasikan dan mengembangkan  Ilmu Kebidanan pendidikan lanjut (advanced), terfokus (concentrated) ,bersifat cendekia (scholarly) , dan secara kontekstual mampu memperdalam pengetahuan, memperluas wawasan, meningkatkan kompetensi, dan mengembangkan kematangan intelektual mereka yang dapat digunakan sebagai bukti untuk meningkatkan karir mereka baik sebagai  sebagai tenaga pendidik dan peneliti ilmu kebidanan.